Hadlonah : Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak
Vol 4 No 1 (2023): Hadlonah : Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak

Penerapan Bahan Alam Tumbuhan Pada Kegiatan Mewarnai untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini 4-5 Tahun di RA Teunom Aceh Jaya

Nabila Munazirah (Unknown)
Zikra Hayati (Unknown)
Putri Rahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2023

Abstract

Kegiatan mewarnai merupakan kegiatan yang bisa dimanfaatkan untuk melatih keterampilan motorik halus khususnya melatih jari-jemari anak. Motorik halus adalah kemampuan yang meliputi keterampilan fisik dengan melibatkan otot-otot kecil serta koordinasi mata dan tangan. Hasil pengamatan menunjukan ada beberapa anak yang masih kesulitan memegang pensil, anak ‎kesulitan dalam memegang dan menggunting sesuai pola, serta ada anak yang ‎mengalami kesulitan dalam membuka dan menutup resleting tasnya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bahan alam tumbuhan dapat mengembangkan motorik halus anak usia dini 4-5 tahun. Rancangan penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group. Populasinya adalah seluruh anak kelas A di RA Teunom Aceh Jaya. Jumlah sampel yang digunakan adalah 22 orang anak kelas A2 dan A3 berusia 4-5 tahun. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Hasil analisis data menggunakan uji t (independent sampel t-test). Hasil analisis data menunjukan nilai 2 tailed sebesar 0,000<0.05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan bahan alam tumbuhan pada kegiatan mewarnai dapat mengembangkan motorik halus anak usia dini 4-5 tahun.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

hadlonah

Publisher

Subject

Education

Description

Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak is peer-reviewer journal tha focuses on the issue of Islamic Early Childhood Education. Investigated the dynamics of learning of children at the Early Childhood Education (TK, RA, KB, SPS). Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak is a ...