Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Apakah terdapat peningkatan kecerdasan kinestetik anak sebelum menggunakan metode bermain lompat tali disekolah MIS AL-IKHLAS SIDODADI RAMUNIA, 2) Bagaimana cara pelaksanaan metode bermain lompat tali disekolah MIS AL-IKHLAS SIDODADI RAMUNIA, 3) Apakah ada peningkatan kecerdasan kinestetik setelah menggunakan metode bermain lompat tali disekolah MIS AL-IKHLAS SIDODADI RAMUNIA, 4) Bagaimana respon siswa saat menggunakan metode bermain lompat tali dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik disekolah MIS AL-IKHLAS SIDODADI RAMUNIA. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak usia 9-10 tahun yang terdiri dari 29 anak. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan kreativitas gerak pada anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi berbentuk cheklist dan dokumentasi berupa foto. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh selama penelitian sebagai berikut 1) Sebelum penggunaan Permainan Lompat Tali disekolah MIS AL-IKHLAS SIDODADI RAMUNIA, pada pra siklus yang memperoleh kriteria BB sebanyak 13 anak, kriteria MB sebanyak 9 anak dan BSH 7 anak. Belum ada anak yang mencapai nilai 16, sehingga ketuntasan anak masih 0%. 2) Pelaksanaan permainan lompat tali pada siklus I, anak harus melompati tali tanpa terkena tali yang telah disepakati sebelum permainan dimulai, pada siklus II anak harus menjangkau seberapa banyak lompatan tali yang telah disepakati oleh peneliti. 3) Terjadi peningkatan setelah menggunakan metode bermain lompat tali dengan poin nilai 10 dari nilai rata-rata 6, meningkat menjadi nilai rata-rata 16, hal tersebut menunjukkan bahwa dari penelitian pada siklus I dan siklus II telah mencapai peningkatan keberhasilan scara klasikal.
Copyrights © 2024