Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di SMP Negeri 1 Sirombu, berdasarkan hasil observasi awal peneliti menemukan bahwa di lokasi penelitian kurikulum merdeka telah diterapkan. Di lokasi penelitian masih belum sepenuhnya guru melaksanakan perannya sebagai fasilitator dalam menerapkan kurikulum merdeka menghadapi kendala seperti kurangnya identifikasi potensi oleh guru, metode pengajaran yang kurang variatif, kurangnya motivasi siswa serta beban kurikulum yang berat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran guru IPA sebagai fasilitator serta hambatan peran guru IPA sebagai fasilitator dalam implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu melalui (1) Observasi, (2) Wawancara dan (3) Dokumentasi. Data diperoleh dengan observasi dan menggunakan metode wawancara terhadap satu orang guru IPA kelas VII. Berdasarkan hasil penelitian bahwa peran guru IPA sebagai fasilitator dalam implementasi kurikulum merdeka di UPTD SMP Negeri 1 Sirombu, guru IPA kelas VII sudah menjalankan peran sebagai fasilitator walaupun belum sepenuhnya dikarenakan siswa kelas VII masih siswa baru dan perlu adaptasi.
Copyrights © 2025