J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 6, No 1 (2025): FEBRUARI

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PAPAN DIAGRAM BATANG TERHADAP AKTIVITAS SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS IV SDN KALIGAWE SEMARANG

Farhana, Laila (Unknown)
Roshayanti, Fenny (Unknown)
Suyoto, Suyoto (Unknown)
Utami, Anita Esti (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan papan diagram batang terhadap aktivitas siswa pada materi penyajian data kelas IV SDN Kaligawe. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk Pre Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest – Posttest Design. Populasi penelitian ini yaitu semua siswa kelas IV B SDN Kaligawe yang berjumlah 27 siswa. Teknik sampling menggunakan purpossive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan hasil nilai rata – rata pretest adalah 59,95, sedangkan hasil nilai rata – rata posttest adalah 86,81. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan di kelas IV B SDN Kaligawe diperoleh data hasil perhitungan dengan menggunakan uji N-gain menunjukkan nilai 70,49% yang termasuk dalam kategori cukup efektif. Analisis Paired Sample T-Test menunjukkan bahwa signifikansi 0,000 < 0,05, menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari penerapan model problem based learning (PBL) berbantuan papan digram batang terhadap aktivitas siswa. Kesimpulannya, penggunaan pembelajaran model problem based learning (PBL) berbantuan papan diagram batang efektif dalam meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran materi penyajian data di kelas IV B.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...