IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 3 No. 1 (2025): 2025

Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik Baru

Sita Acetylena (Unknown)
Emilda Fibyani Agustin (Unknown)
Sutan Faiz Amrillah (Unknown)
Edy Setiawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Pendidikan Agama Islam memainkan peran penting dalam membentuk karakter peserta didik, terutama pada peserta didik baru yang memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Kurikulum PAI yang efektif dapat membentuk kepribadian yang berintegritas, jujur, disiplin, serta memiliki rasa tanggung jawab dan empati terhadap sesama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan kurikulum PAI sebagai alat untuk meningkatkan karakter peserta didik baru, dengan pendekatan yang berfokus pada integrasi antara nilai-nilai agama, praktik sosial, dan pengembangan pribadi yang seimbang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui studi literatur dari berbagai sumber yang relevan, wawancara mendalam dengan guru PAI, serta observasi terhadap implementasi kurikulum PAI di beberapa sekolah. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) yang berfokus pada peningkatan karakter peserta didik baru sangatlah penting. Kurikulum PAI yang efektif harus mencakup pendekatan yang integratif antara teori dan praktik, serta melibatkan berbagai pihak, baik pendidik, orang tua, maupun masyarakat. Dengan pengembangan kurikulum yang holistik dan berbasis pada nilai-nilai Islam yang mendalam, pendidikan agama dapat memainkan peran strategis dalam membentuk karakter peserta didik yang berkualitas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ihsan

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Fokus dan Ruang Lingkup Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam menerima naskah asli yang tidak diterbitkan dalam bahasa Indonesia atau Inggris, berdasarkan penelitian dari metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, campuran, atau metodologi apa pun yang terkait dengan ...