IPSSJ
Vol. 2 No. 01 Februari (2025): Integrative Perspectives of Social and Science Journal

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ETHNOMATEMATIKA BATIK TULIS GEDOG UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI GEOMETRI

Endah Lestari, Sri (Unknown)
Fadiana, Mu'jizatin (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis etnomatematika menggunakan motif Batik Gedog guna meningkatkan literasi matematika peserta didik, khususnya pada materi geometri. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, yang mencakup tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria validitas tinggi dengan skor 3,86. Implementasi LKPD di kelas menunjukkan efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman konsep geometri, dengan keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 91% dan peserta didik sebesar 88,74%. Selain itu, respon peserta didik terhadap LKPD sangat positif dengan persentase 91,15%, dan tingkat ketuntasan literasi matematika mencapai 76,47%. Dengan demikian, LKPD berbasis etnomatematika ini tidak hanya meningkatkan literasi matematika tetapi juga berkontribusi pada pelestarian budaya lokal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Integrative Perspectives of Social and Science Journal (IPSSJ) dengan E-ISSN 3064-4011 merupakan sebuah jurnal ilmiah nasional yang mempublikasikan artikel hasil penelitian multidisiplin di berbagai bidang ilmu, seperti ilmu sains, teknik, pendidikan, ilmu sosial humaniora, bahasa/linguistik, ...