Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis etnomatematika menggunakan motif Batik Gedog guna meningkatkan literasi matematika peserta didik, khususnya pada materi geometri. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, yang mencakup tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria validitas tinggi dengan skor 3,86. Implementasi LKPD di kelas menunjukkan efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman konsep geometri, dengan keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 91% dan peserta didik sebesar 88,74%. Selain itu, respon peserta didik terhadap LKPD sangat positif dengan persentase 91,15%, dan tingkat ketuntasan literasi matematika mencapai 76,47%. Dengan demikian, LKPD berbasis etnomatematika ini tidak hanya meningkatkan literasi matematika tetapi juga berkontribusi pada pelestarian budaya lokal.
Copyrights © 2025