Journal of Economic and Bussiness Retail
Vol 5, No 1 (2025): Journal Economic and Bussiness Retail (JEBR)

MENGUNGKAP MINAT BELI KONSUMEN MELALUI VIDEO UGC DAN E-WOM PADA APLIKASI TIKTOK STUDI KASUS MAHASISWA INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS DINIYYAH LAMPUNG

Sadiyah, Putri Aisyatus (Unknown)
Octavini, Nanda Andreas (Unknown)
Agustin, Maulina (Unknown)
Prikurnia, Anas Khair (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Minat Beli Konsumen Melalui Video UGC (User Generated Content) dan E-Wom (Electronic Word Of Mouth) Pada Aplikasi Tiktok (Studi Kasus Mahasiswa Institut Teknologi Dan Bisnis Diniyyah Lampung). Video UGC (User Generated Content) merupakan bentuk komunikasi pemasaran yang mengandung e-Wom (Electronic Word Of Mouth). UGC adalah alat pemasaran yang berisi ulasan dari orang lain yang telah membeli suatu produk dengan dijadikan sebuah konten. E-wom merupakan metode penyebaran informasi promosi produk yang dilakukan melalui mulut ke mulut menggunakan internet. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, metode yang digunakan adalah metode regresi linier berganda. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 45 responden dengan kriteria memiliki aplikasi Tiktok serta pernah melihat video content produk yang ada di Tiktok. Teknik pengambilan sampel menggunakan kuesioner melalui Google Form dengan alat analisis yang menggunakan program SPSS Versi 26. Hasil penelitian ini menunjukan UGC tidak memiliki pengaruh terhadap minat beli, e-Wom memiliki pengaruh terhadap minat beli, UGC dan e-Wom memiliki pengaruh terhadap minat beli.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jebr

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

The Journal of Retail Economics and Business aims to share knowledge and current issues related to Retail Economics and Business research. Our specific coverage is Retail Business In the field of business, we accept articles with the following scope: Financial Management and Financial Accounting ...