Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan media pembelajaran berbasis outdoor learning dan menganalisis dampaknya terhadap kreativitas siswa sekolah dasar. Studi ini dilakukan di SD Muhammadiyah IDI Tello Baru di Makassar, dengan fokus pada siswa kelas V. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data, dan metode yang digunakan termasuk dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran di luar ruangan dilaksanakan dalam tiga tahap: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Media pembelajaran yang digunakan mencakup lembar kerja siswa, alat peraga, dan objek langsung di lingkungan. Dampak positif terhadap kreativitas siswa terlihat dari peningkatan kemampuan berpikir kreatif, munculnya ide-ide baru, dan peningkatan keterampilan menghasilkan karya kreatif. Meskipun efektif, pelaksanaan outdoor learning menghadapi tantangan seperti kondisi cuaca dan pengaturan waktu.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024