Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Vol 8 No 1 (2025): Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia

EFEKTIVITAS PENGUATAN LITERASI UNTUK MENDUKUNG PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATERI ZAT ADITIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 KOTA BIMA

Sari, Liran (Unknown)
Annafi, Nurfidianty (Unknown)
Mutmainnah, Putri Ayu (Unknown)
Sholehah, Faridatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penguatan literasi dalam mendukung Profil Pelajar Pancasila melalui pembelajaran langsung pada materi zat aditif di kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Bima. Penelitian menggunakan desain eksperimen dengan metode pre-experimental one group posttest design, yang dilakukan pada 20 siswa tanpa kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri dari angket respon siswa, soal tes, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 85% siswa mengalami peningkatan pemahaman materi zat aditif setelah penguatan literasi. Hal ini berkontribusi pada perkembangan keterampilan berpikir kritis dan mandiri siswa, yang merupakan aspek penting dalam Profil Pelajar Pancasila. Data dianalisis menggunakan Microsoft Excel.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RE

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education Environmental Science Materials Science & Nanotechnology

Description

Jurnal Redoks merupakan media publikasi ilmiah yang disediakan untuk menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian berupa karya ilmiah dibidang Pendidikan Kimia, Ilmu Kimia, Kimia Terapan, Inovasi Kimia dan umumnya IPA dari kalangan guru-guru dosen, mahasiswa dan praktisi ...