Majalah Lontar
Vol 36, No 2 (2024): Agustus

Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 198 Palembang

Wulandari, Putri Eria (Unknown)
Rohana, Rohana (Unknown)
Kuswidyanarko, Arief (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2024

Abstract

Pembelajaran Matematika merupakan salah satu disiplin ilmu yang daoat meningkatkan kemampuan berpikir dan berargumentasi, memberikan kontribusi dalam penyelesaian masalah sehari-hari dan dalam dunia kerja, serta memberikan dukungan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk proses perhitungan dan proses berpikir yang sangat dibutuhkan orang dalam menyelesaian berbagai masalah. Tujan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan siantifikterhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 198 Palembang. jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan model pre-experimental design dengan desain posttest-only control yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VB dan VC. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data seperti observasi, tes, dokumentasi, dan menggunakan analisis data. Hasil penilaian akhir atau posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa ternyata nilai rata-rata kelas eksperimen 83,33 sedangkan di kelas kontrol 77,66. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan saintifik dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa yang menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mendapatkan nrata-rata nilai leboh tinggi dibandingkan dengan rata-rata kelas kontrol

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

LONTAR

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

- Penelitian Tindakan Kelas - Penelitian Desain Dikdaktis - Penelitian Kualitatif - Penelitian ...