Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research
Vol. 2 No. 2 (2025): FEBRUARI-APRIL

Implementasi Pendidikan Kaderisasi Dai Berbasis Masjid: Studi Kasus Sekolah Dai Azura (SADAR) Masjid Azura Bogor

Agusman, Agusman (Unknown)
Samsuddin, Samsuddin (Unknown)
Maya, Rahendra (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2025

Abstract

Pendidikan kader dai berbasis Masjid merupakan langkah strategis untuk melahirkan dai yang tangguh dalam aspek intelektual, fisik, spiritual, dan finansial. Penelitian ini bertujuan mengkaji dan mengevaluasi implementasi program Pendidikan Kader Dai berbasis Masjid di Sekolah Dai Azura (SADAR), Masjid Azura, Kabupaten Bogor, dalam membentuk dai yang kompeten secara ilmiah dan efektif dalam berdakwah. Fokus penelitian meliputi pembekalan ilmu syar’i, peningkatan kualitas dakwah, serta penguatan ukhuwah dan jaringan antar dai. Metode kualitatif deskriptif digunakan dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Meskipun belum menghasilkan lulusan, terdapat perkembangan signifikan dalam penguasaan ilmu syar’i dan kemampuan berdakwah peserta. Interaksi di lingkungan masjid juga memperkuat ukhuwah di antara mereka. Tantangan terbesar adalah keberlanjutan program hingga lulusannya tercapai serta dukungan lebih luas. Secara keseluruhan, Sekolah Dai Azura menunjukkan potensi besar dalam membentuk dai yang kokoh dalam ilmu, dakwah, dan ukhuwah serta penguatan jaringan antar dai.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mister

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

The Journal of MISTER (Jurnal Penelitian Multidisiplin dalam Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan) focuses on publishing manuscripts of any research (multidisciplinary) within the following areas Education, Economics, Social Sciences, Technology, Engineering, Arts, Law & Ethics, Psychology, ...