Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dalam perencanaan karier di MAN 2 Kota Malang dalam membantu siswa merencanakan karier mereka. Selain itu juga untuk melihat dan mengetahui perbedaan antara kondisi yang diharapkan dengan kondisi realitas di lapangan mengenai layanan perencanaan karier. Metode penelitian yang digunakan adalah metode metode campuran (mix method) dengan desain penelitian yaitu explanatory sequential design. Instrumen yang digunakan adalah instrumen evaluasi perencanaan karier yang terdiri dari 64 item pernyataan yang telah disesuaikan dengan standar dan kriteria evaluasi kinerja konselor profesional menurut ABKIN dan juga telah memenuhi validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi perencanaan karier telah diimplementasikan dengan baik, yaitu sesuai hasil yang didapatkan dengan nilai rata-rata hasil evaluasi sebesar 329 atau 73% dan berada pada kriteria 5 dan 6 yang artinya pelaksanaan layanan perencanaan karier di MAN 2 Kota Malang sudah dilaksanakan sebagian dan dilaksanakan sepenuhnya. Hal ini juga didukung oleh data kualitatif melalui forum group discussion dengan guru BK di MAN 2 Kota Malang bahwasanya layanan perencanaan karier sudah dilaksanakan secara baik sesuai dengan standar dan kriteria yang ditetapkan oleh ABKIN. Analysis of guidance and counseling services in career planning: Expectations and reality Abstract: The purpose of this study is to analyze the implementation of guidance and counseling services in career planning at MAN 2 Malang City to help students plan their careers. In addition, it is also important to see and know the difference between the expected conditions and the real conditions in the field regarding career planning services. The research method used is a mixed method method (mix method) with a research design that is explanatory sequential design. The instrument used is a career planning evaluation instrument consisting of 64 statement items that have been adjusted to the standards and criteria for evaluating professional counselor performance according to ABKIN and have also met validity and reliability. The results showed that career planning evaluation has been implemented well, which is in accordance with the results obtained with an average value of evaluation results of 329 or 73% and is in criteria 5 and 6 which means that the implementation of career planning services at MAN 2 Malang City has been partially implemented and fully implemented. This is also supported by qualitative data through forum group discussions with counseling teachers at MAN 2 Malang City that career planning services have been implemented properly in accordance with the standards and criteria set by ABKIN.
Copyrights © 2024