JURNAL PENDIDIKAN INDONESIA: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Vol 5, No 1 (2025): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

Analisis Tafsir Tarbawi dalam Pendidikan Karakter: Studi Literatur tentang Konsep, Prinsip, dan Implementasi

Mirza, Iskandar (Unknown)
Siroj, Sri Azizah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Tafsir tarbawi is an approach in Islamic education that integrates Quranic values into character development. This study aims to analyze the concept, principles, and implementation of tafsir tarbawi in character education based on Quranic values. Using a descriptive qualitative method with literature analysis, this research examines primary sources on tafsir tarbawi and its relevance in Islamic education. The findings indicate that tafsir tarbawi plays a significant role in character formation through three main interpretation methods: thematic (maudhu’i), analytical (tahlili), and global (ijmali). The most influential principles in character education include the integration of religious values with scientific knowledge, educators' exemplary conduct, and the practical application of Quranic values in teaching. Despite challenges such as methodological limitations and resource constraints, tafsir tarbawi continues to contribute to character-based curriculum development. This study recommends strengthening educator training and integrating tafsir tarbawi into educational policies to enhance character formation in the modern era.ABSTRAKTafsir tarbawi adalah pendekatan dalam pendidikan Islam yang mengintegrasikan nilai-nilai Al-Qur’an dalam pembentukan karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep, prinsip, dan implementasi tafsir tarbawi dalam pendidikan karakter berbasis nilai Qur’ani. Menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis literatur, penelitian ini menelaah sumber utama tafsir tarbawi dan relevansinya dalam pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tafsir tarbawi berperan dalam membentuk karakter melalui tiga metode utama: tematik (maudhu’i), analitis (tahlili), dan global (ijmali). Prinsip paling berpengaruh dalam pendidikan karakter adalah integrasi nilai religius dengan ilmu pengetahuan, keteladanan pendidik, serta penerapan nilai Qur’ani dalam praktik pembelajaran. Meskipun menghadapi tantangan seperti keterbatasan metodologi dan sumber daya, tafsir tarbawi tetap berkontribusi dalam pengembangan kurikulum berbasis karakter. Penelitian ini merekomendasikan penguatan pelatihan bagi pendidik serta integrasi tafsir tarbawi dalam kebijakan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik di era modern.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi adalah jurnal peer-review yang memiliki ISSN (2807-3878) yang diterbitkan oleh Penerbit Widina di bawah Badan Hukum CV. Widina Media Utama sejak tahun 2021. JPI merupakan media terintegrasi untuk komunikasi berkelanjutan terkait dengan ...