JURNAL PENDIDIKAN INDONESIA: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Vol 5, No 1 (2025): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

Implementasi Tafsir Tarbawi dalam Pembentukan Karakter Multikultural pada Anak Usia Dini

Mirza, Iskandar (Unknown)
Fitriani, Dwi Awaliyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Tafsir Tarbawi is an approach to interpreting the Qur'an that focuses on educational aspects, especially in multicultural character building in early childhood. This approach aims to make religious values a foundation in shaping noble behaviour. This research aims to evaluate the integration of tafsir tarbawi in character learning in educational institutions and its impact on students' attitudes and behaviour. This research uses a qualitative method with a descriptive approach, with data obtained through interviews, observations, and document analyses in schools that implement tarbawi tafsir. The results showed that the implementation of tafsir tarbawi has a positive impact on students' character building, especially in the development of morality, social responsibility, and interpersonal ethics. This implementation involves three main aspects: cultural recognition, empathy development, and social skills development, which help children understand and interact with the multicultural environment. The results of this study are expected to be a reference for educators and educational institutions in integrating religious values, especially tafsir tarbawi, to form a generation with character and morality.ABSTRAKTafsir Tarbawi merupakan pendekatan penafsiran Al-Qur'an yang berfokus pada aspek pendidikan, khususnya dalam pembentukan karakter multikultural pada anak usia dini. Pendekatan ini bertujuan menjadikan nilai-nilai agama sebagai fondasi dalam membentuk perilaku yang berakhlak mulia. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi integrasi tafsir tarbawi dalam pembelajaran karakter di lembaga pendidikan serta dampaknya terhadap sikap dan perilaku peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen di sekolah-sekolah yang menerapkan tafsir tarbawi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi tafsir tarbawi berdampak positif pada pembentukan karakter siswa, terutama dalam pengembangan moralitas, tanggung jawab sosial, dan etika interpersonal. Implementasi ini melibatkan tiga aspek utama: pengenalan budaya, pengembangan empati, dan pengembangan keterampilan sosial, yang membantu anak memahami dan berinteraksi dengan lingkungan multikultural. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pendidik dan lembaga pendidikan dalam mengintegrasikan nilai-nilai agama, khususnya tafsir tarbawi, guna membentuk generasi yang berkarakter dan bermoral.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi adalah jurnal peer-review yang memiliki ISSN (2807-3878) yang diterbitkan oleh Penerbit Widina di bawah Badan Hukum CV. Widina Media Utama sejak tahun 2021. JPI merupakan media terintegrasi untuk komunikasi berkelanjutan terkait dengan ...