JURNAL PENDIDIKAN INDONESIA: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Vol 5, No 1 (2025): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

Analisis Implementasi Tafsir Tarbawi Dalam Pengembangan Etika Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Mirza, Iskandar (Unknown)
Saadah, Neng Siti Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

This research aims to analyze roles tarbawi interpretation in developing professional ethics for Islamic Religious Education (PAI) teachers. By using descriptive qualitative research methods, This research analyzes classical and contemporary interpretations and carries out interviews and observations of PAI teachers in several Islamic schools. Research findings show that tarbawi interpretation provides a solid moral and spiritual foundation for teachers in carrying out their duties professionally. Values such as honesty, trustworthiness and example can be strengthened through understanding tarbawi interpretation. However, challenges such as limited teacher understanding and the low availability of teaching materials based on tarbawi interpretation are still obstacles. Therefore, training and integration of Tafsir Tarbawi in the PAI curriculum is very necessaryABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran tafsir tarbawi dalam pengembangan etika profesi guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini menganalisis tafsir klasik dan kontemporer serta melakukan wawancara dan observasi terhadap guru PAI di beberapa sekolah Islam. Temuan penelitian menunjukkan bahwa tafsir tarbawi memberikan dasar moral dan spiritual yang kokoh bagi guru dalam menjalankan tugas mereka secara profesional. Nilai-nilai seperti kejujuran, amanah, dan keteladanan dapat diperkuat melalui pemahaman tafsir tarbawi. Namun, tantangan seperti keterbatasan pemahaman guru dan rendahnya ketersediaan materi ajar berbasis tafsir tarbawi masih menjadi rintangan. Oleh karena itu, sangat diperlukan pelatihan dan integrasi Tafsir Tarbawi dalam kurikulum PAI.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi adalah jurnal peer-review yang memiliki ISSN (2807-3878) yang diterbitkan oleh Penerbit Widina di bawah Badan Hukum CV. Widina Media Utama sejak tahun 2021. JPI merupakan media terintegrasi untuk komunikasi berkelanjutan terkait dengan ...