Jurnal Strategi Desain dan Inovasi Sosial
Vol. 6 No. 1 (2024): Design As Strategy Case Studies - Part 2

Perancangan Media Pembelajaran Matematika Dasar Studi Kasus Kelas 2 SDN Klitren, Yogyakarta

Clariza Ardya Pramesti Trissenda (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2025

Abstract

Kemampuan berhitung menjadi salah satu dari tiga kemampuan dasar yang harus terpenuhi oleh setiap siswa pada jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD). Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang paling sulit dan juga menjadi mata pelajaran yang kurang diminati oleh para siswa ditiap jenjang pendidikan. Adanya faktor internal dan eksternal yang menyebabkan timbulnya kesulitan belajar pada siswa saat melakukan proses kegiatan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan rancangan media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas 2 SD serta menarik ketertarikan siswa kelas 2 SD untuk belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Metode desain yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran anak kelas 2 SD adalah SCAMPER.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JSDIS

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Journal of Design Strategy and Social Innovation is a peer reviewed journal that discusses cutting edge design advancement, strategically and innovatively, in specific areas that drive social change in society. On a greater scale, the journal aims to produce design knowledge that is empowering, ...