Jurnal Pendidikan Ekonomi, Akuntansi dan Kewirausahaan (JPEAKU)
Vol 4 No 2 (2024): JPEAKU (Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Kewirausahaan)

Implementasi Program Inovatif Untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 7 di SMP Negeri 2 Ngronggot

ROHMATIKA, RISKA DWI (Unknown)
Efa Wahyu Prastyaningtyas (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini menyoroti implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 7 di SMP Negeri 2 guna meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi peserta didik melalui pendekatan kolaboratif antara mahasiswa dan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kompetensi numerasi sebesar 26%. Sedangkan pada aspek literasi terdapat peningkatan 5%. Implementasi program juga berhasil memperkuat motivasi belajar dan keterlibatan aktif peserta didik dalam proses belajar melalui metode pembelajaran berbasis proyek, penggunaan teknologi, meliputi: penggunaan video dalam kegiatan belajar mengajar, pemanfaatan platform game digital, serta pemanfaatan platform Canva.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpeaku

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

JPEAKU (Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi dan Kewirausahaan) merupakan jurnal open access yang menerbitkan artikel berbasis hasil penelitian bidang keilmuan Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Kewirausahaan dan Ilmu Ekonomi. JPEAKU memberi kontribusi pada pemahaman, peningkatan, ...