Pendidikan harus berinovasi agar tetap relevan dengan perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi kelayakan serta menguji daya tarik e-modul berbasis Project-Based Learning (PjBL) yang mengintegrasikan konten Socio-Scientific Issues (SSI) pada topik sumber energi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RD) dengan model ADDIE, yang melibatkan tahap analysis, design, development, implementation, evaluation. Setelah melalui tahap revisi berdasarkan penilaian ahli materi dan media, e-modul yang dikembangkan diuji coba pada pendidik mata pelajaran fisika dan siswa kelas X di SMAN 1 Ambarawa dan SMAN 1 Pagelaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan skala Likert 5 tingkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran, dengan penilaian sebesar 84% dari ahli materi dan 92% dari ahli media, keduanya dalam kategori sangat layak. Diharapkan e-modul ini dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang sumber energi dan keterampilan berpikir kritis dalam konteks isu sosiosaintifik serta diterapkan dalam pembelajaran Fisika di tingkat SMA kelas X.
Copyrights © 2025