Seiring dengan perkembangan zaman, banyak perubahan dan perkembangan yang terjadi dalam kehidupan manusia akibat pengaruh teknologi yang berkembang. Salah satu perkembangan teknologi Kecerdasan Buatan adalah ChatGPT. Fisika kuantum merupakan salah satu cabang ilmu fundamental yang memerlukan pemahaman mendalam terhadap pokok bahasannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran teknologi ChatGPT dalam pembelajaran fisika kuantum. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei kuesioner. Responden penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Fisika UIN Sunan Kalijaga yang berjumlah 46 orang dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden memiliki persepsi yang positif terhadap kualitas ChatGPT dan pemanfaatannya memberikan beberapa manfaat, mulai dari memudahkan pencarian hingga membantu dalam penyediaan informasi, bahasa yang mudah dipahami, kemudahan akses, kecepatan dan ketepatan dalam memberikan jawaban hingga membantu dalam menghemat waktu. Akan tetapi, kapabilitas ChatGPT dalam pembelajaran fisika kuantum belum cukup kuat. Akibatnya, pengaruh terhadap pemanfaatan ChatGPT juga belum kuat. Namun di sisi lain, penggunaan ChatGPT tidak dapat menggantikan peran guru yang hanya berperan sebagai media pembelajaran .
Copyrights © 2025