Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembentukan karakter beradab melalui Pendidikan Kewarganegaraan dengan fokus pada implementasi sila kedua Pancasila, yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, yang mencakup tinjauan terhadap berbagai sumber jurnal terkait Pendidikan Kewarganegaraan dan implementasi sila kedua Pancasila. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan memainkan peran vital dalam menginternalisasi nilai-nilai moral dan etika, yang selaras dengan prinsip-prinsip kemanusiaan dan keadilan. Pendidikan ini tidak hanya berfungsi untuk meningkatkan pengetahuan tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara, tetapi juga mendorong untuk menjadi individu yang beradab, toleran, dan menghargai perbedaan. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya penguatan Pendidikan Kewarganegaraan sebagai sarana strategis untuk membangun masyarakat yang adil dan beradab di Indonesia.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024