Riwayat: Educational Journal of History and Humanities
Vol 8, No 1 (2025): Januari, Special Issue on "Educational design research for human beings learning

Analisis Pembelajaran Sejarah di Era Revolusi Industri 4.0 (Studi Kasus: MAN 1 Banyuwangi)

Safira Nur Afifah (Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi)
Dian Arief Pradana (Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi)
Riztika Widyasari (Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran sejarah di MAN 1 Banyuwangi dalam konteks era Revolusi Industri 4.0. Fokus utama penelitian ini adalah keterkaitan antara proses pembelajaran sejarah dengan pengembangan keterampilan abad 21 yaitu 4C seperti berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas . Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data akan dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran sejarah di sana telah berhasil menerapkan kegiatan belajar mengajar yang berkaitan dengan era revolusi industri 4.0 mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi pembelajaran. Serta tantangan dan solusi yang dihadapi oleh guru dan siswa di MAN 1 Banyuwangi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

riwayat

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History education, (2) History of Education,(3) Social Sciences Education, (4) Sociology Education, (5) Philosophy of history, (6) Historiography, (7) Humanities, and (8) ...