Educational Management
Vol 5 No 1 (2016): June 2016

EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PROFESSIONAL DEVELOPMENT FOR EDUCATION PERSONNEL (PRODEP) SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS CIPP DI KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA

Thaal, Pius (Unknown)
Prihatin, Titi (Unknown)
Suminar, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan ProDEP supervisi akademik di Kabupaten Timor Tengah Utara dengan menggunakan model evaluasi CIPP. Penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan metode kombinasi (mixed method). Sumber data diperoleh dari 7 orang pengawas, 30 Kepala SMP dan 64 orang guru. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, focus group discusion dan studi dokumen. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan analisis data deskriptif persentase. Hasil temuan menunjukkan bahwa evaluasi tahap context, input dan product berada pada kategori sangat baik, dan evaluasi process berada pada kategori baik. ProDEP secara kontekstual memiliki relevansi dengan nilai budaya Dawan yang mampu mengangkat potensi dan mutu kelompok middle serta meningkatnya kompetensi dan kinerja pengawas, kepala sekolah dan guru. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah ProDEP supervisi akademik sebagai sebuah upaya pengembangan keprofesian berkelanjutan kepada para guru, kepala sekolah dan pengawas perlu dilanjutkan pelaksanaannya.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

eduman

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

Educational Management is a peer-reviewed journal which publishes original contributions on education administration, management and leadership in the widest sense: on the management of schools of all types, and of further and higher education institutions; on administration and policy at all levels ...