IPTEK: Jurnal Hasil Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 4, No 2 (2024): IPTEK: Jurnal Hasil Pengabdian kepada Masyarakat

Pelatihan Enjoy with Gamification untuk Guru: Strategi Meningkatkan Pembelajaran dan Keterlibatan Siswa di Yayasan Khairu Ummah

Mawarni, Sella (Unknown)
Syah, Maenuddin Bustanil (Unknown)
Hartoto, Hartoto (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Mitra pada kegiatan pelatihan gamifikasi ini adalah Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Makassar dan Yayasan Khairu Ummah. Pelatihan Enjoy with Gamification diikuti oleh guru-guru di lingkup yayasan Khairu Ummah Kota Makassar yang terdiri dari guru TK, SD, dan SMP. Penggunaan strategi pembelajaran yang tepat, mampu menentukan keberhasilan pembelajaran. Gamifikasi merupakan salah satu strategi pembelajaran yang bertujuan untuk memberikan pembelajaran yang menyenangkan sekaligus meningkatkan keterlibatan peserta didik. Karakteristik peserta didik di era abad 21 mayoritas didominasi oleh kelompok digital native yang sangat dekat dengan teknologi, oleh sebab itu pendidik perlu menguasai strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sekaligus sesuai dengan perkembangan zaman. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran gamifikasi yang menyenangkan dan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam kegiatan pelatihan ini berupa presentasi materi, simulasi, diskusi, dan praktik terbimbing. Paparan materi disajikan pada awal pelatihan untuk memberikan fondasi konsep terkait gamifikasi dalam pembelajaran. Pada sesi praktik terbimbing, peserta pelatihan diajarkan untuk membuat sebuah kuis interaktif di aplikasi Wordwall. Hasil evaluasi kegiatan pelatihan menunjukkan peningkatan kompetensi pedagogis guru dalam menerapkan strategi pembelajaran gamifikasi.Kata Kunci: Pelatihan, Gamifikasi, Guru, Keterlibatan, Khairu Ummah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IPTEK

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. This journal focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Education for ...