Educational Management
Vol 5 No 1 (2016): June 2016

EVALUASI PELAKSANAAN QUALITY MANAGEMENT SYSTEM MANAJEMEN BIDANG KESISWAAN DI SMK NEGERI 1 SELONG KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Atmaja, Hanapi (Unknown)
Widodo, Joko (Unknown)
Khafid, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis 1) konteks 2) input, 3) proses, 4) produk manajemen kesiswaan dalam pelaksanaan Quality Management System. Penelitian ini termasuk penelitian evaluatif menggunakan model evaluasi Context, Input, Process, Product (CIPP). Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan berjumlah 12 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada :1 ) Aspek konteks sesuai dengan kebijakan mutu Standar Nasional Pendidikan (SNP), melibatkan pemikiran dari komite sekolah, pasangan dunia industri, tokoh masyarakat sekitar sekolah dan orangtua siswa; 2) Aspek input sesuai standar mutu sarana prasarana, namun beberapa guru belum sarjana; 3) Aspek proses sudah baik, beberapa guru belum konsisten dalam pembinaan kesiswaan; 4) Aspek produk, prestasi akademik dan non akademik sudah baik. Kesimpulannya pelaksanaan Quality Management System manajemen bidang kesiswaan sesuai ISO 9001:2008 tetapi jumlah guru produktif kurang dan sarana prasarana cukup. Saran penelitian ini adalah merekrut guru produktif dan diikutkan diklat kompetensi keahlian serta pemenuhan sarana prasarana pendidikan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

eduman

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

Educational Management is a peer-reviewed journal which publishes original contributions on education administration, management and leadership in the widest sense: on the management of schools of all types, and of further and higher education institutions; on administration and policy at all levels ...