Kronologi
Vol 7 No 2 (2025): Jurnal Kronologi

Pengembangan Konten Video Podcast Storytelling (Kovipaste) Materi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) untuk Menumbuhkan Empati Sejarah

Amalia, Widya (Unknown)
Aisiah, Aisiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya inovasi penyajian materi ajar mata pelajaran sejarah melalui pemanfaatan teknologi yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar sejarah untuk memantik empati sejarah peserta didik di SMA. Secara umum, tujuan penelitian menghasilkan Kovipaste PDRI. Tujuan khusus; 1) mengidentifikasi tahap pengembangan Kovipaste PDRI, 2) menguji kelayakan Kovipaste PDRI, serta 3) menguji kepraktisan dan keefektifan Kovipaste PDRI. Metode penelitian menerapkan Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji kelayakan materi Kovipaste PDRI dilakukan oleh dua pakar sejarah Indonesia, sedangkan subjek uji kelayakan media Kovipaste PDRI dilakukan oleh dua pakar media pembelajaran sejarah. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi dalam bentuk skala likert. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan Kovipaste PDRI dilakukan melalui lima tahap. Pertama, tahap analisis masalah media pembelajaran sejarah, analisis kebutuhan guru dan peserta didik, analisis fasilitas prasarana, analisis kurikulum dan analisis kebutuhan pengembangan produk Kovipaste PDRI. Kedua, tahap desain Kovipaste PDRI dengan mengumpulkan sumber referensi, gambar dan video, menyusun, merekam dan mengunggah Kovipaste PDRI di Spotify for Podcaster. Ketiga, tahap pengembangan Kovipaste PDRI melalui uji kelayakan materi dan media Kovipaste PDRI. Rerata hasil uji kelayakan materi 3,77 (sangat layak) dan rerata hasil uji kelayakan media 3,46 (sangat layak). Keempat, tahap implementasi melalui kegiatan uji praktikalitas dan efektivitas Kovipaste PDRI di SMAN 7 Padang. Hasil uji praktikalitas Kovipaste PDRI oleh guru sejarah tergolong praktis (rerata skor 3,23) dan peserta didik menilai sangat praktis (rerata skor 3,46). Kelima, tahap evaluasi Kovipaste PDRI dapat memantik empati sejarah peserta didik berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan peserta didik. Simpulan penelitian yakni Kovipaste PDRI sangat layak, praktis, dan efektif untuk menumbuhkan empati sejarah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jk

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Kehadiran Jurnal Kronologi sebagai bagian penting dari usaha untuk mengembangkan pengetahuan. Selama ini banyak penelitian hanya tersimpan pada perpustakaan, berdebu dan lapuk serta hilang begitu saja. Lebih lebih hasil penelitian mahasiswa, disamping kuantitasnya yang banyak juga cukup variatif dan ...