Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan membaca permulaan siswa kelas III di SDN Kaduronyok 2, Cisata, Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini dilakukan karena banyak siswa di kelas tersebut mengalami kesulitan dalam membaca, seperti mengidentifikasi huruf, merangkai huruf menjadi kata, serta memahami isi bacaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca meliputi keterbatasan dalam mengingat huruf, memahami huruf vokal dan konsonan, serta rendahnya konsentrasi. Selain itu, penelitian juga menemukan adanya siswa yang memiliki masalah pada alat bicara yang mempengaruhi kemampuan mereka dalam membaca. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas III, pendidik, serta orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan membaca diakibatkan oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal, seperti rendahnya motivasi belajar, kurangnya dukungan orang tua, serta penggunaan metode pembelajaran yang kurang efektif.
Copyrights © 2025