Metakognisi : Jurnal Kajian Pendidikan
Vol 7 No 1 (2025): Metakognisi

Analisis Kemampuan Membaca Siswa Kelas III di SDN Kaduronyok 2 Cisata Pandeglang Banten

Yani, Andri (Unknown)
Dian Ferdiansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan membaca permulaan siswa kelas III di SDN Kaduronyok 2, Cisata, Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini dilakukan karena banyak siswa di kelas tersebut mengalami kesulitan dalam membaca, seperti mengidentifikasi huruf, merangkai huruf menjadi kata, serta memahami isi bacaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca meliputi keterbatasan dalam mengingat huruf, memahami huruf vokal dan konsonan, serta rendahnya konsentrasi. Selain itu, penelitian juga menemukan adanya siswa yang memiliki masalah pada alat bicara yang mempengaruhi kemampuan mereka dalam membaca. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas III, pendidik, serta orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan membaca diakibatkan oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal, seperti rendahnya motivasi belajar, kurangnya dukungan orang tua, serta penggunaan metode pembelajaran yang kurang efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

metakognisi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Metacognition is a journal of educational studies that contain writing the results of thought analysis, conceptual studies and research in the field of ...