Journal of Community Services: Sustainability and Empowerment
Vol. 4 No. 02 (2024): September 2024

Pelatihan Pemasaran Dan Komunikasi Pemasaran Digital Bagi UMKM Jakpreneur di Duren Sawit

Wismiarsi, Tri (Unknown)
Harditya, Arya (Unknown)
Matahari, Tombak (Unknown)
Pangaribuan, Christian H. (Unknown)
Arsyadi, Rachmat (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Pandemi Covid-19 membuat banyak perubahan dan tantangan bagi UMKM, terutama tuntutan pelanggan untuk berbelanja secara daring. Sayangnya belum semua UMKM memiliki kemampuan untuk menjalankan bisnisnya secara digital. Berdasarkan hal ini, dilakukan pelatihan kepada 53 UMKM yang merupakan anggota Jakpreneur. Topik pelatihan yang disampaikan adalah pemasaran digital dan desain komunikasi pemasaran digital menggunakan Canva. Tulisan ini membahas bagaimana pelatihan tersebut dapat membantu UMKM menjalankan strategi pemasarannya daring. Efektivitas pelatihan diukur melalui survei kepada seluruh peserta pelatihan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelatihan yang diberikan efektif meningkatkan pengetahuan peserta dalam bidang pemasaran dan komunikasi pemasaran digital. Selain itu, peserta merasakan bahwa modul pelatihan sangat relevan (83%), penyampaian materi sangat baik (78,7%), dan pelatihan sangat penting bagi pengembangan bisnis UMKM (93.6%), pelaksanaan pelatihan terselenggara dengan sangat baik (91.5%). Tetapi peserta pelatihan menyarankan agar lama waktu pelatihan diperpanjang, pelatihan lebih sering dilakukan, dan pendampingan bisa diberikan untuk membantu implementasi pengetahuan yang telah diperoleh selama pelatihan. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JCSSE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Social Sciences Other

Description

This journal publication aims to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services, especially those focused on the fields of Business, Education, Science, Engineering and ...