Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia
Vol 5 No 2 (2025): JPTI - Februari 2025

Pengembangan Game Kesiapsiagaan Kebakaran di Kampus Menggunakan Metode MDLC untuk Meningkatkan Kesadaran Mahasiswa

Bata, Julius (Unknown)
Sutanto, Daniel Denis (Unknown)
Ghozali, Theresia (Unknown)
Wijayanti, Linda (Unknown)
Mulyadi, Melisa (Unknown)
Kartawidjaja, Maria Angela (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2025

Abstract

Rendahnya kesiapsiagaan mahasiswa terhadap situasi darurat kebakaran di lingkungan kampus merupakan masalah yang signifikan, terutama karena kurangnya pelatihan formal dan pemahaman terkait protokol keselamatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game simulasi kebakaran berbasis teknologi yang dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi situasi darurat kebakaran. Pengembangan dilakukan dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), game ini berfokus pada jalur evakuasi, lokasi alat pemadam api ringan (APAR), dan skenario kebakaran yang realistis. Hasil pengujian menunjukkan bahwa fitur game berfungsi optimal, dan 30 mahasiswa yang menjadi responden memberikan tanggapan positif terhadap aspek pembelajaran, interaksi, visualisasi, dan relevansi peristiwa dalam game dengan dunia nyata. Hasil ini menunjukkan bahwa game simulasi yang dikembangkan tidak hanya memberikan pengalaman imersif tetapi juga mampu meningkatkan pemahaman dan kesiapsiagaan mahasiswa terhadap situasi darurat kebakaran. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan metode pembelajaran interaktif untuk manajemen resiko bencana di kebakaran di lingkungan pendidikan tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpti

Publisher

Subject

Education Engineering

Description

Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI) merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang menerbitkan artikel hasil penelitian dan gagasan ilmiah* dari Dosen, Peneliti, Praktisi, dan Guru dari seluruh Indonesia dan Mancanegara. JPTI memiliki fokus dan ruang lingkup yang terdiri dari 1. Lingkup ...