JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Studi Pendahuluan Penerapan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa Pada Konsep Pengaturan Pada Tumbuhan

Maschaolah, Salsabila (Unknown)
Ainulhaq, Nurisa (Unknown)
Rahayu, Maya (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2025

Abstract

Pada dasarnya, pendidikan adalah sebuah proses yang membekali manusia untuk hidup di lingkungannya. Untuk memastikan bahwa siswa memiliki kemampuan untuk belajar dan berinovasi, menggunakan teknologi dan media informasi, serta dapat bekerja dan berkembang dengan menggunakan keterampilan seumur hidup, pendidikan abad ke-21 menjadi semakin penting. Wordwall adalah alat pendidikan yang perlu dimanfaatkan, tidak hanya dilihat atau dipresentasikan. Studi pendahuluan ini mengkaji kebutuhan dan situasi yang diperlukan untuk melakukan penelitian mengenai penerapan media pembelajaran wordwall. Lembar wawancara digunakan sebagai bagian dari proses pengumpulan data. Analisis deskriptif berupa studi literatur adalah metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Kurangnya fokus dan semangat siswa, masih kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang digunakan oleh guru, dan masih belum mengetahui media wordwall. Hal ini dikarenakan adanya ketidakpekaan mengenai aplikasi wordwall dan meskipun teknologi dapat membantu para guru melakukan pekerjaan mereka dengan lebih mudah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa guru biologi MAN 1 Cilegon masih menggunakan media pembelajaran yang sederhana dan monoton. Sehingga penggunaan media wordwall masih belum diketahui dan diaplikasikan dalam proses pembelajaran biologi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...