Penelitian ini bertujuan untuk melihat keterlaksanaan model PBL berbantuan media audiovisual, untuk mengetahui pengaruh dalam pelaksanaan model PBL berbantuan media audiovisual, dan untuk mengetahui respon belajar siswa dalam pelaksanaan model PBL berbantuan media audiovisual di kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Penelitian ini menggunakan jenis quasi eksperimen dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII dan sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII 9 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 10 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan model PBL berbantuan media audiovisual, angket respon siswa dan soal tes keterampilan berpikir kritis siswa. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan SPSS 26 for Windows. Berdasarkan hasil analisis, keterlaksanaan model PBL berbantuan media audiovisual berjalan sangat baik dengan presentase 100%. Hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji Mann Whitney adalah sig. 0,000< 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak. Respon siswa terhadap angket yang diberikan sebanyak 88,80% siswa menjawab “ya” dan 11,20% siswa menjawab “tidak”. Dapat disimpulkan bahwa model PBL dengan media audiovisual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VII SMP N 13 Padang.
Copyrights © 2025