JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Implementasi Moderasi Beragama di Pesantren Al Bukhari Wesalo Kabupaten Kolaka Timur

Suriati, Siti (Unknown)
Iqbal, Muh. (Unknown)
Akbar, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi moderasi beragama di Pondok Pesantren Wesalo Kolaka Timur melalui penerapan nilai-nilai moderasi Islam, seperti taadub, qudwah, muwatanah, tawassuth, tawazun, i’tidal, musawaah, syura, tasamuh, dan thatawwur wa ibkar. Data diperoleh melalui wawancara dengan pimpinan pesantren, ustaz, santri, dan masyarakat sekitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai moderasi ini diintegrasikan secara sistematis melalui kurikulum, pembinaan karakter, dan interaksi sosial.Nilai taadub menjadi fondasi utama dalam pembentukan etika santri, dengan penekanan pada penghormatan terhadap guru, teman, dan lingkungan. Qudwah diterapkan melalui keteladanan ustaz dan pimpinan pesantren dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk gotong royong dengan masyarakat. Muwatanah ditanamkan melalui pengajaran cinta tanah air dan penghormatan terhadap hukum negara. Prinsip tawassuth mendorong santri untuk menghindari sikap ekstrem dan menghormati perbedaan pandangan, sedangkan tawazun menekankan keseimbangan antara kebutuhan duniawi dan ukhrawi. Nilai i’tidal dan musawaah diterapkan melalui praktik keadilan dan kesetaraan dalam pembagian tugas serta kesempatan belajar. Prinsip syura melibatkan santri dalam proses musyawarah, sehingga melatih keterampilan demokratis. Selain itu, tasamuh diwujudkan melalui interaksi sosial yang toleran dengan masyarakat sekitar, sedangkan thatawwur wa ibkar mendorong santri untuk berinovasi melalui program kewirausahaan dan keterampilan.Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pondok Pesantren Wesalo berhasil menciptakan lingkungan pendidikan yang harmonis, inklusif, dan berorientasi pada pembentukan santri yang berakhlak mulia, berdaya saing, dan siap berkontribusi positif dalam masyarakat. Temuan ini memberikan kontribusi signifikan bagi pengembangan model pendidikan berbasis moderasi beragama di Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...