JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Teka Teki Silang Pada Materi Bakteri Kelas X Fase E di SMAN 1 IX Koto Sungai Lasi

Febriani Wahyu Ningsih, Anggun (Unknown)
Ardi, Ardi (Unknown)
Suherman, Suherman (Unknown)
Fitria, Asnul (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2025

Abstract

Pembelajaran Biologi di SMAN 1 IX Koto Sungai Lasi menunjukkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa, terutama pada materi bakteri di kelas X fase E. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurang optimalnya penerapan model Problem-Based Learning (PBL) karena keterbatasan waktu dan rendahnya motivasi siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model PBL berbantuan media Teka-Teki Silang (TTS), sehingga pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 27 siswa kelas X.E.2, terdiri dari 15 laki-laki dan 12 perempuan. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas siswa, tes hasil belajar (pre-test dan post-test), serta lembar observasi keterlibatan siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif menggunakan teknik persentase untuk mengukur tingkat keaktifan dan ketuntasan belajar siswa. Keberhasilan penelitian ditentukan berdasarkan peningkatan keaktifan siswa dan tercapainya ketuntasan hasil belajar minimal 80% siswa dengan nilai rata-rata ≥ 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbantuan TTS mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa secara signifikan. Pada siklus pertama, aktivitas siswa masih rendah, dengan tingkat ketuntasan hanya 37%. Namun, setelah perbaikan pada siklus kedua, aktivitas siswa meningkat secara signifikan dan ketuntasan belajar mencapai 85%. Oleh karena itu, penggunaan model PBL dengan dukungan media interaktif seperti TTS direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil belajar pada mata pelajaran Biologi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...