JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Penyusunan E-Modul Pelatihan BIM Pada Jabatan Kerja Modeller BIM Muda Jenjang 5 Berdasarkan SKKNI No.3 Tahun 2023

Wahyuniningtias, Putri Nur (Unknown)
Iriani, Tuti (Unknown)
Purnomo, Adhi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul pelatihan Building Information Modelling (BIM) pada Jabatan Kerja Modeller BIM Muda Jenjang 5 berdasarkan SKKNI No. 3 Tahun 2023. E-modul ini dirancang sebagai bahan pelatihan BIM agar dapat membantu peserta pelatihan BIM untuk menjadi seorang modeller BIM muda. Metode penelitian yang digunakan Research and Development dengan menggunakan model pengembangan dari Thiagarajan (4D) yang terdiri atas Define, Design, Development, dan Disseminate. Penelitian ini berawal dari studi literatur, proses pengembangan produk menggunakan software Canva. Kemudian, dilakukan validasi produk oleh ahli materi, ahli media, dan uji coba terbatas oleh pengguna produk. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dan instrumen penelitian menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data yang dilakukan pada proses validasi. Hasil persentase validasi ahli materi yang diperoleh sebesar 93,5% dengan kategori “Sangat Layak”. Sedangkan, hasil persentase validasi ahli media memperoleh sebesar 85,9% dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan uji coba terbatas terdapat peningkatan hasil belajar sebesai 47,33% dan hasil uji n-gain sebesar 0,79 dengan kategori tinggi. Sementara, hasil penilaian pengguna terhadap produk sebesar 93% dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa e-modul dapat digunakan dalam pelatihan BIM bagi calon modeller BIM muda.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...