Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi berbagai faktor yang memengaruhi kesulitan belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Tari Universitas Lampung angkatan tahun 2021 dalam mempelajari tari Piring Dua Belas pada mata kuliah Tari Lampung Saibatin. Objek penelitian ini adalah kesulitan belajar tari Piring Dua Belas, yang dikategorikan menjadi dua kelompok, yaitu kesulitan yang disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Penelitian ini melibatkan mahasiswa Program Studi Pendidikan Tari Universitas Lampung angkatan 2021 sebagai subjek yang berjumlah 44 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan wawancara. Kuesioner terdiri dari 50 butir pernyataan yang merujuk pada indikator kesulitan belajar. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dengan melakukan perhitungan rerata (Mean) dan persentase (%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar tari Piring Dua Belas pada mahasiswa Prodi Pendidikan Tari Universitas Lampung angkatan 2021, memperoleh nilai rata-rata sebesar 2,5 dan persentase sebesar 63%. Aspek kesulitan belajar paling signifikan berasal dari faktor latar belakang kebudayaan dengan persentase sebesar 82%, dan faktor alat pelajaran dengan persentase sebesar 81% yang dikategorikan sangat tinggi.Kata Kunci: Faktor Kesulitan Belajar, Mahasiswa, Tari Piring Dua Belas
Copyrights © 2024