JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)
Vol 10, No 1 (2025): VOLUME 10 NUMBER 1 JANUARY 2025

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi pada Mata Pelajaran IPA

Eriyanto, Kendi (Unknown)
Wirawan, Gunta (Unknown)
Mertika, Mertika (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan keterampilan komunikasi siswa pada materi sistem pernapasan pada manusia melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token untuk kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif berjenis Pre exsperimental dengan bentuk one group pretest posttest. Populasi penelitian seluruh siswa kelas V SDN 3 Singkawang dengan teknik pengambilan sampel berupa teknik sampel purposive sampling. Penelitian ini menggunakan satu kelas yaitu kelas eksprimen yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe time token berjumlah 27 siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat penerapan keterampilan komunikasi siswa kelas V antara kelas pre-test dengan kelas post-test yang diberikan perlakuan yaitu dengan model pembelajaran kooperatif tipe time token yang dianalisis menggunakan uji t dengan  = 5.642 = 2.056; (2) Rata-rata keterlaksanaan Model Pembelajaran kooperatif tipe time token sebesar  80.25 dengan kriteria Sangat baik. Sehingga model Pembelajaran kooperatif tipe time token terlaksana dengan baik pada materi sistem pernapasan pada manusia di kelas V SDN 3 Singkawang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPDI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia is a peer-reviewed scientific open access, with e-ISSN : 2477-8435 and p-ISSN 2477-5940 published by Institute for Managing and Publishing Scientific Journals at STKIP Singkawang, Indonesia in 2015. In Last 2016 Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia has built ...