JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia
Vol. 3 No. 2 (2025): JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia

Pengaruh Penggunaan Quizizz Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI TKR Pada Mata Pelajaran Perawatan Berkala Kendaraan Ringan

Maisa Dinata, Veru (Unknown)
Dani Saputra, Hendra (Unknown)
Wagino (Unknown)
Nanda, Iffarial (Unknown)
Baharudin, Agus (Unknown)
Firmansyah, M. Sadly (Unknown)
Yuliady, Ilham Yuliady (Unknown)
Zulfadli (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2025

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi melalui platform interaktif seperti Quizizz diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Namun, pada kelas XI TKR SMKN 8 Tebo, pembelajaran PBKR masih menerapkan metode konvensional, Penelitian ini bertujuan untuk  menginvestigasi dampak pemanfaatan Quizizz terhadap ketertarikan dan pencapaian akademik siswa. Penelitian ini melibatkan 58 siswa yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok percobaan dan kelompok yang tidak diberi perlakuan. Data dikumpulkan melalui pelaksanaan pre-test dan post-test, serta kuesioner yang mengukur minat belajar. Hasil uji t menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan  signifikan pada pre-test (t = 1.122; p = 0.267), namun terdapat perbedaan signifikan pada post-test (t = 11.84; p < 0.05), di mana kelompok percobaan menunjukkan peningkatan yang signifikan. Penggunaan Quizizz terbukti efektif dalam membantu memperbaiki pencapaian belajar dan minat siswa. The use of information and communication technology through interactive platforms such as Quizizz is expected to improve the quality of learning. However, in the XI TKR class at SMKN 8 Tebo, the PBKR learning still applies conventional methods. This study aims to investigate the impact of using Quizizz on student engagement and academic achievement. The study involved 58 students, divided into two groups: the experimental group and the control group. Data were collected through pre-test and post-test assessments, as well as a questionnaire measuring learning interest. The t-test results showed no significant difference in the pre-test (t = 1.122; p = 0.267), but a significant difference in the post-test (t = 11.84; p < 0.05), with the experimental group showing a significant improvement. The use of Quizizz proved effective in enhancing student learning achievement and interest.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jtpvi

Publisher

Subject

Automotive Engineering Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Other

Description

AIM JTPVI: Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi Indonesia adalah jurnal ilmiah yang bertujuan untuk menjadi tempat berbagi ilmu pengetahuan hasil penelitian berkualitas tinggi di semua aspek teknologi dan pendidikan kejuruan. Jurnal ini menerbitkan manuskrip yang berisi karya mutakhir dalam teori ...