Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Teks Deskripsi Menggunakan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Pada Siswa Kelas IX-H SMP Negeri 4 Kota Bogor tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 4 (empat) tahapan menurut John Elliot yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian yang digunakan sebanyak 38 peserta didik. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data kuantitaif dan kualitatif. Teknik kuantitatif digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, sedangkan teknik kualitatif digunakan mendeskripsikan hasil dari teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Untuk data hasil kognitif peserta didik, peneliti menggunakan tes tulis sebagai teknik pengumpulan datanya. Berdasarkan data hasil penelitian yang diperoleh setelah dilaksanakan penelitian, penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dapat meningkatkan hasil belajar pada peserta didik kelas IX-H SMP Negeri 4 Kota Bogor. Hal tersebut dikatakan karena proses pembelajaran dilakukan dengan menghubungkan materi pembelajaran dengan latar belakang budaya serta relevan dengan kebiasaan dan kehidupan sehari-hari peserta didik. Melalui implementasi pendekatan tersebut, proses pembelajaran menjadi lebih bermakna dan dapat menyenangkan peserta didik karena sesuai dengan kebutuhan belajar mereka. Pendapat tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan tingkat kecapaian peserta didik yang menunjukkan ketuntasan dari siklus I yang memiliki persentase tuntas sebesar 53%, sedangkan pada siklus II persentase tuntas sebesar 79%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024