Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 4 (2024): November

Jejak Etnomatematika di Masjid Moeldoko: Perpaduan Budaya dan Ilmu Matematika dalam Arsitektur dan Desain

Dinarti, Siti (Unknown)
Herninda, Amalia Revy (Unknown)
Qotrunnada, Tetania Salsabila (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang dapat menunjang kemajuan pendidikan di Indonesia. Namun, banyak peserta didik menganggap bahwa matematika sebagai pelajaran yang sulit dan menakutkan. Sebagian masyarakat juga menganggap bahwa matematika hanya suatu pelajaran di sekolah saja. Dari permasalahan itulah, diperlukan sebuah solusi dan inovasi baru dalam pembelajaran matematika sebagai upaya agar peserta didik menjadi tertarik untuk belajar matematika, salah satunya adalah dengan mengembangkan pelajaran matematika yang berkaitan dengan budaya atau lebih dikenal dengan etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola geometri dalam arsitektur Masjid Moeldoko, proporsi matematika dalam desain arsitektur, dan nilai filosofis dan matematika yang terdapat dalam Masjid Moeldoko. Penelitian ini menggunakan model deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Hasil dari penelitian ini yaitu arsitektur masjid dapat menjadi media pembelajaran matematika yang kontekstual dan menyenangkan, sekaligus memberikan wawasan tentang hubungan erat antara matematika, budaya, dan spiritualitas. Rencana tahapan selanjutnya yaitu penelitian ini akan dilanjutkan dengan tahapan strategis yang lebih terarah, yaitu pengumpulan data primer melalui studi lapangan di Masjid Dr. H. Moeldoko.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...