Matematika merupakan mata pelajaran yang dapat menunjang kemajuan pendidikan di Indonesia. Namun, banyak peserta didik menganggap bahwa matematika sebagai pelajaran yang sulit dan menakutkan. Sebagian masyarakat juga menganggap bahwa matematika hanya suatu pelajaran di sekolah saja. Dari permasalahan itulah, diperlukan sebuah solusi dan inovasi baru dalam pembelajaran matematika sebagai upaya agar peserta didik menjadi tertarik untuk belajar matematika, salah satunya adalah dengan mengembangkan pelajaran matematika yang berkaitan dengan budaya atau lebih dikenal dengan etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola geometri dalam arsitektur Masjid Moeldoko, proporsi matematika dalam desain arsitektur, dan nilai filosofis dan matematika yang terdapat dalam Masjid Moeldoko. Penelitian ini menggunakan model deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Hasil dari penelitian ini yaitu arsitektur masjid dapat menjadi media pembelajaran matematika yang kontekstual dan menyenangkan, sekaligus memberikan wawasan tentang hubungan erat antara matematika, budaya, dan spiritualitas. Rencana tahapan selanjutnya yaitu penelitian ini akan dilanjutkan dengan tahapan strategis yang lebih terarah, yaitu pengumpulan data primer melalui studi lapangan di Masjid Dr. H. Moeldoko.
Copyrights © 2024