Kohesi: Jurnal Sains dan Teknologi
Vol. 7 No. 2 (2025): Kohesi: Jurnal Sains dan Teknologi

ANALISIS PENGARUH APLIKASI BRAINLY TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN SISWA SMA METHODIST BINJAI

Palma Juanta (Unknown)
Nasyan Falah Azhari (Unknown)
Justin Rickie (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2025

Abstract

Dalam era digital, penggunaan teknologi dalam pendidikan semakin berkembang, salah satunya melalui aplikasi Brainly yang banyak digunakan oleh siswa untuk membantu pemahaman materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan aplikasi Brainly terhadap pemahaman materi siswa di SMA Methodist Binjai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan korelasional. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada siswa yang aktif menggunakan aplikasi Brainly. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan aplikasi Brainly dengan pemahaman materi pembelajaran siswa. Faktor seperti frekuensi penggunaan, kemudahan akses, dan kepuasan siswa terhadap aplikasi berkontribusi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Namun, ditemukan pula bahwa ketergantungan terhadap aplikasi ini dapat mengurangi kemandirian belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan strategi penggunaan yang seimbang agar teknologi dapat dimanfaatkan secara optimal dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kohesi

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Computer Science & IT Education Energy Engineering Other

Description

Kohesi: Jurnal Sains dan Teknologi Kohesi: Jurnal Multidisiplin Saintek adalah Jurnal ilmiah berisikan tentang multidisplin ilmu Sains dan Teknologi Industri diterbitkan oleh CV SWA Anugrah. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun (Juli dan Desember). Kohesi: Jurnal Multidisiplin Saintek bertujuan ...