Edumaspul: Jurnal Pendidikan
Vol 8 No 2 (2024): Edumaspul: Jurnal Pendidikan

Implementation of the Probelm Based Learning (PBL) to Improve Problem-Solving Skills on Static Fluid Material in Grade XI SMA Negeri 4 Jambi City

Sutri, Sutri (Unknown)
Astalini, Astalini (Unknown)
Kurniawan, Dwi Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada materi fluida statis di kelas XI SMA Negeri 4 Kota Jambi. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, masing-masing terdiri dari tiga pertemuan yaitu dua pertemuan kegiatan belajar dan satu pertemuan tes kemampuan pemecahan masalah siswa setiap siklus. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas guru dan siswa serta tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa serta kemampuan pemecahan masalah siswa. Pada siklus I, ketuntasan klasikal siswa sebesar 55,56%, meningkat menjadi 83,33% pada siklus II. Model Problem Based Learning (PBL) efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maspuljr

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edumaspul: Jurnal Pendidikan is first published in March 2017 and covers much research in all levels of education (primary, secondary, and higher education). Edumaspul: Jurnal Pendidikan become a CrossRef Member since the year 2019. Therefore, all articles published will have a unique DOI number. ...