Chemedu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia
Vol 5, No 3 (2024)

Pengaruh Question Box pada Model Problem Based Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMK Farmasi Yamasi Makassar (Studi pada Materi Pokok Larutan Asam Basa)

Cahyani, Arini Dwi (Unknown)
Salempa, Pince (Unknown)
Side, Sumiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan mengetahui pengaruh Question Box pada model Problem Based Learning terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas XI SMK Farmasi Yamasi Makassar pada materi larutan asam basa. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design untuk motivasi belajar dan posttest only control group design untuk hasil belajar. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMK Farmasi Yamasi Makassar yang berjumlah tiga kelas. Pengambilan sampel menggunakan simple random technique sehingga diperoleh XI A Farmasi Kliniks dan Komunitas sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI C Farmasi Kliniks dan Komunitas sebagai kelompok kontrol. Angket motivasi berisi 20 item pertanyaan terdiri dari enam indikator motivasi yang diadaptasi dari Uno (2017) dan tes hasil belajar terdiri dari 25 soal. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil uji prasyarat statistik inferensial menunjukkan data kelas kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berasal dari populasi yang homogen tetapi tidak terdistribusi normal sehingga uji hipotesis yang digunakan adalah uji Mann-Whitney. Hasil analisis statistik inferensial pada taraf signifikansi 0,05 motivasi belajar diperoleh nilai Zhitung = 6,67 dan nilai Ztabel = 1,65 Karena Zhitung > Ztabel (6,67 > 1,65) maka H1 diterima dan H0 ditolak. Dan hasil belajar diperoleh nilai Zhitung = 7,22 dan nilai Ztabel = 1,65 karena Zhitung > Ztabel (7,22 > 1,65) maka H1 diterima dan H0 ditolak. Analisis hasilnya menunjukkan ada pengaruh question box pada model problem based learning terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas XI SMK Farmasi Yamasi Makassar pada materi pokok larutan asam basa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ChemEdu

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Chemedu merupakan wadah untuk bertukar informasi ilmiah mengenai ilmu pendidikan kimia yang meliputi perkembangan teori, media dan metode pembelajaran dari hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis dan kajian ...