Jurnal Pengabdian Masyarakat Ekonomi dan Bisnis Digital
Vol. 1 No. 4 (2024): Desember

PENGEMBANGAN UMKM BERBASIS DIGITAL DI METRO TIMUR PROVINSI LAMPUNG

Fionita, Ita (Unknown)
Pranyoto, Edi (Unknown)
Susanti (Unknown)
Winda Rika Lestari (Unknown)
Albert, Albert (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Permasalahan dan kesulitan yang dihadapi oleh UMKM yaitu pemasaran produk yang masih dilakukan secara langsung dan konvensional tanpa menggunakan digitalisasi, sehingga membatasi ruang lingkup pemasaran. Selain itu, kurangnya Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas membuat proses bisnis menjadi kurang terstruktur dan efisien. Metodologi yang digunakan meliputi pelatihan penerapan pemasaran digital melalui blog dan media sosial, serta pengembangan laporan keuangan menggunakan Excel. Selain itu, SOP disusun untuk meningkatkan efisiensi operasional. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan dalam jangkauan pasar, struktur operasional, dan manajemen keuangan. Upaya pemasaran digital, terutama melalui media sosial dan pengembangan situs web, meningkatkan visibilitas merek dan keterlibatan pelanggan. Implementasi SOP dan alat manajemen keuangan berkontribusi pada operasi bisnis yang lebih terorganisir dan menguntungkan. Hasil ini menegaskan pentingnya transformasi digital dan praktik bisnis yang terstruktur dalam meningkatkan keberlanjutan dan daya saing UMKM.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmebd

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Ekonomi dan Bisnis Digital (JPMEBD) merupakan Jurnal Nasional yang bertujuan untuk menerbitkan artikel tentang kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh sivitas akademika mencakup keilmuan Ekonomi: Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Pembangunan serta digitalisasi Ekonomi. ...