Cendikia Pendidikan
Vol. 13 No. 2 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan

PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK “BIMATAS” MATERI PUBERTAS DI SEKOLAH DASAR

Puspaningrum, Puspaningrum (Unknown)
Wahyuning Subayani, Nataria (Unknown)
Khoirul Umam, Nanang (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan media Big Book BIMATAS Materi Pubertas di Sekolah Dasar yang digunakan peserta didik kelas VI SD melalui model ADDIE (2) Mendeskripsikan validitas dari Big Book BIMATAS yang dikembangkan sebagai media pembelajaran untuk mata pelajaran IPA tentang pubertas (3) Mendeskripsikan respon dari peserta didik pada media Big Book BIMATAS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilakukan di UPT SD Negeri 17 Gresik pada semester ganjil. Subjek penelitian ini adalah 25 peserta didik kelas VI. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli media, ahli materi, angket respon peserta didik, lembar soal tes, observasi dan wawancara. Hasil penelitian pengembangan ini adalah (1) Media Big Book BIMATAS Materi Pubertas di Sekolah Dasar yang dilaksanakan melalui 5 tahapan model ADDIE, (2) Hasil kevalidan media Big Book BIMATAS Materi Pubertas dilihat dari hasil validasi tim ahli yaitu ahli media sebesar skor 95% dikategorikan sangat valid dan ahli materi sebesar 100% dikategorikan sangat valid, (3) Hasil Keefektivitas media Big Book BIMATAS yang diperoleh dari hasil tes belajar peserta didik mendapatkan persentse sebesar 92% dikategorikan sangat valid (4) Angket respon peserta didik mendapatkan nilai 96,8% berkategori sangat baik dan dampak positif dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...