Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa
Vol. 2 No. 12 (2025): Februari

Mengoptimalkan UMKM Kawunglarang: Langkah-langkah Menuju Legalitas dan Pemasaran Digital

Hardiyanti, Dita (Unknown)
Simbolon, Marlina Eliyanti (Unknown)
Fitriyani, Defita (Unknown)
Amanda, Eliyana Putri (Unknown)
Rismawan, Riki (Unknown)
Firmansyah, Rizki (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2025

Abstract

Dalam era digital, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Kawunglarang menghadapi tantangan sekaligus peluang untuk meningkatkan daya saing mereka melalui digital marketing. Artikel ini membahas pentingnya adopsi strategi pemasaran digital bagi UMKM di Kawunglarang untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan brand awareness. Dengan memanfaatkan platform digital seperti media sosial, website, dan tools seperti Canva, UMKM dapat menciptakan konten yang menarik dan profesional. Selain itu, artikel ini juga menyoroti pentingnya legalitas bisnis sebagai landasan kuat bagi UMKM untuk berkembang lebih jauh. Dengan memiliki legalitas yang jelas, UMKM dapat lebih mudah mendapatkan akses ke berbagai program bantuan pemerintah dan kerjasama dengan pihak lain. Digitalisasi, jika diimbangi dengan kepatuhan terhadap aspek legalitas, diyakini dapat mendorong UMKM Kawunglarang menuju pertumbuhan yang berkelanjutan dan inklusif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmba

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Energy Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Medicine & Pharmacology Nursing Physics Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, ...