Journal of Classroom Action Research
Vol. 7 No. 1 (2025): Februari 2025

Membangun Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Melalui Program SERALIKOCI: Studi Kasus di SD Negeri Cimahi Mandiri 3

Ahyar, Asep (Unknown)
Yadi, Nofri (Unknown)
Dede Supriyanto (Unknown)
Jenuri (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi program SERALIKOCI (Sekolah Ramah Lingkungan Kota Cimahi) sebagai sarana untuk menumbuhkan kepedulian lingkungan siswa sekolah dasar, dengan fokus pada SD Negeri Cimahi Mandiri 3. SERALIKOCI, mencakup berbagai kegiatan seperti diet plastik, pemilahan sampah, pendirian bank sampah berbasis sekolah, dan pembentukan tim guru lingkungan (Tiguling). Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus, dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mengeksplorasi efektivitas, tantangan, dan dampak jangka panjang dari program tersebut.  Teknik analisis data dilakukan dengan metode content analysis. Temuan menunjukkan bahwa kegiatan yang konsisten dan diawasi, seperti membawa tumbler dan misting, menjaga kebersihan, dan mengelola sampah melalui Bank Sampah Unit (BSU) sekolah, dapat meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan. Guru berperan penting dalam memberikan keteladanan dan pembiasaan program tersebut. Tantangan yang ditemukan yaitu belum adanya cara efektif untuk mengelola sampah organik dan kurangnya kolaborasi antara sekolah dan orang tua dalam pembiasaan pengelolaan sampah di rumah. Solusi yang diusulkan yaitu program peningkatan pelatihan orang tua siswa dan budidaya maggot untuk pengelolaan sampah organik. Studi ini menyimpulkan bahwa SERALIKOCI berpengaruh positif dalam membangun kepedulian lingkungan bagi siswa. Model pendidikan lingkungan terpadu ini dapat menginspirasi sekolah-sekolah lain untuk mengadopsi praktik-praktik berkelanjutan yang serupa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...