Jurnal Riset Pendidikan dan Karakter
Vol 6 No 2 (2024): JURNAL RISET PENDIDIKAN DASAR DAN KARAKTER

PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK TERPADU MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PPT DI KELAS V SD NEGERI 15 PASAR LAKITAN KECAMATAN LENGAYANG

Ceni, Warnita (Unknown)
Hendrizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri 15 Pasar Lakitan Kecamatan Lengayang yang belum berjalan optimal. Peserta didik masih pasif dalam bertanya, kurang terbiasa memecahkan masalah, serta jarang melakukan diskusi kelompok dan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tematik terpadu menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan PowerPoint. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 24 peserta didik kelas V. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi, dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar, dengan perencanaan pembelajaran meningkat dari 65% pada siklus I menjadi 75% pada siklus II, serta pelaksanaan pembelajaran meningkat dari 67% menjadi 79,1%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter merupakan jurnal yang bergerak di bidang penelitian bidang pendidikan dasar yang mengakomodir pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam setiap aktivitas publikasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar dan Karakter diterbitkan dua kali dalam satu tahun, yaitu pada ...