Setelah hampir dua tahun kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring atau online akibat pandemi covid-19, akhirnya pada pertengahan tahun 2021 pemerintah sudah memperbolehkan kembali kegiatan belajar mengajar dilakukan secara langsung atau tatap muka.  Para mahasiswa yang sudah terbiasa dengan pembelajaran jarak jauh atau online yang dinilai lebih fleksibel akhirnya harus mulai bisa menyesuaikan diri dengan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di kampus. Dalam hal itu penelitian ini ingin melihat bagaimana skala yang dibuat dapat mengukur penyesuaian diri pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung terhadap pembelajaran tatap muka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data self-report measurement berbentuk kuesioner yang telah disusun ke dalam google form, disebarkan melalui media sosial. Penelitian ini melibatkan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung sebanyak 203 orang. Penelitian ini diperoleh 38 item yang menjadi item final. Dari kategori analisa menunjukkan bahwa Penyesuaian Diri Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung terhadap Pembelajaran Tatap Muka  masuk ke dalam kategori sedang pada skor 143, dengan persentase 69,8%. Hasil yang diperoleh berdasarkan validitas outer loading dinyatakan semua item atau indikator telah valid secara validitas butir.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024