Kemandirian santri menjadi hal penting bagi pendidikan di pesantren sehingga penting untuk mengadopsi model pemberdayaan sebagai upaya meningkatkan kemandirian santri. Penelitian ini membahas model pendidikan berbasis pemberdayaan yang diterapkan di Yayasan Pendidikan Islam Al-Hidayah Lazuardi Madani untuk membangun kemandirian santri. Metode observasi digunakan untuk mengamati implementasi model ini dalam lingkungan pendidikan. Hasil observasi menunjukkan bahwa pendekatan pemberdayaan melibatkan santri dalam proses pembelajaran aktif, partisipatif, dan reflektif, yang bertujuan untuk mengembangkan potensi mereka secara menyeluruh. Model pendidikan ini didasarkan pada prinsip-prinsip Islam yang mendorong pengembangan karakter, kecerdasan, dan keterampilan. Santri didorong untuk berpikir kritis, bekerja sama, dan mengambil inisiatif dalam mengeksplorasi ilmu pengetahuan. Selain itu, pembelajaran berpusat pada nilai-nilai keislaman yang diintegrasikan dalam kurikulum. Temuan penelitian ini memiliki implikasi positif terhadap pengembangan pendidikan Islam yang berorientasi pada pemberdayaan individu. Oleh karena itu, model ini dapat dijadikan acuan bagi lembaga pendidikan Islam lainnya dalam upaya untuk meningkatkan kemandirian santri
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023