Jurnal Pendidikan Refleksi
Vol. 10 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Refleksi

Meningkatkan Kinerja Tim Literasi Sekolah Melaksanakan Program Gerakan Literasi Membaca Melalui Supervisi dan Bimbingan Berkelanjutan di SMP Negeri 1 Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara

Supriadi Supriadi (SMP Negeri 1 Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2021

Abstract

Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah: untuk meningkatkan kinerja tim literasi sekolah (TLS) melaksanakan program gerakan literasi membaca di SMP Negeri 1 Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah Penelitian ini dilakukan pada tim literasi sekolah SMP Negeri 1 Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara sebanyak 5 orang. sebagai subyek penelitian. Obyek penelitian adalah kinerja TLS SMP Negeri 1 Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara melaksanakan Gerakan Literasi Membaca. Dari hasil analisis didapatkan bahwa kinerja tim literasi sekolah (TLS) melaksanakan program literasi membaca dari siklus ke siklus. Pada siklus I nilai rata-rata kinerja tim literasi sekolah (TLS) melaksanakan program literasi membaca 66,00%, dan pada siklus II 90,00%. Jadi, terjadi peningkatan 24,00% dari siklus I

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

refleksi

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN REFLEKSI (ISSN 2301-4059 | e-ISSN 2798-544X) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel di bidang Pendidikan dan Sosial Humaniora. Diterbitkan setiap tiga bulan (quarterly), jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi kajian akademik yang inovatif dan berbasis penelitian. Dikelola ...