Jurnal Pendidikan Refleksi
Vol. 10 No. 3 (2021): Junal Pendidikan Refleksi

Analisis Karakteristik Belajar Peserta Didik Melalui Model VAK (Visual, Auditory, Kinestheitic) dalam Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 51 Mulaeno Kabupaten Bombana

Musbaing Musbaing (Universitas Islam Makassar)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2021

Abstract

Analisis Karakteristik Belajar Peserta Didik melalui Model VAK (Visual, Auditory, Kinestheitic) dalam Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 51 Mulaeno Kabupaten Bombana. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui karakteristik belajar peserta didik dan faktor pendukung dan penghambat karakteristik belajar peserta didik melalui model VAK (Visual, Auditory, Kinestetik) dalam pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 51 Mulaeno Kab. Bombana. Menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu memilih subjek sesuai tujuan penelitian dan pertimbangan tertentu , peserta didik dalam penelitian ini sebanyak 6 orang dari 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang diguanakan adalah wawancara terstruktur, angket tertutup dan observasi non partisipan. Berdasarkan hasil analisis data, bahwa karakteristik belajar peserta didik dapat diketahui dari model pembelajaran VAK yang diterapkan selain itu ditunjukkan juga dengan hasil bahwa selama kegiatan belajar peserta didik sangat antusias dan aktif dalam mengikuti pembelajaran dari awal sampai akhir, selain itu para peserta didik juga sangat disiplin selama proses pembelajaran berlangsung, dan lain sebagainnya, dari karakteristik belajar masing-masing peserta didik menujunjukkan karakteistik visual sangat mendominasi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

refleksi

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN REFLEKSI (ISSN 2301-4059 | e-ISSN 2798-544X) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel di bidang Pendidikan dan Sosial Humaniora. Diterbitkan setiap tiga bulan (quarterly), jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi kajian akademik yang inovatif dan berbasis penelitian. Dikelola ...